Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

Nuzulul Qur’an : Perbedaan Pendapat Para Ulama Mengenai pertama kali Turunnya Ayat


Para ulama memiliki pendapat sendiri mengenai asal mula, atau pertama kali mengenai turunnya ayat Al Qur’an. Ada yang mengatakan ayat al quran yang pertama kali turun adalah surat al alaq ayat 1-5, ada yang mengatakan surat al muddasir ayat 1, ada pula ulama yang berpendapat bahwa ayat yagn pertama turun adalah surat al fatihah.

Dalam buku Nuzulul Quran Karya Wildan Jauhari yang terbit pada tahun 2018, merangkum adanya perbedaan pendapat para ulama, tentang ayat apa yang pertama kali turun. Para ulama punya dalil dan argument sendiri mengenai pertama kalia ayat yang turun.

Sementara itu jumhur ulama berpendapat bahwa yang pertama kali diterima oleh nabi Muhammad SAW, ialah surat al Alaq: 1-5. Walaupun tidak bisa kita pungkiri sebagian ulama ada yang memberikan pendapat yang berbeda mengenai ayat yang pertama kali turun.

Pendapat yang kuat atau yang masyhur di kalangan kaum muslimin, menegaskan bahwa surat al alaq: 1-5 yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT, melalui malaikat jibril, As di Gua Hira’, sampai dalam kisahnya Nabi sangat gemetar menerima wahyu pertama kali yang disampaikan oleh malaikat Jibril.

Hal tersebut dikuatkan berdasarkan hadist Aisyah RA Berkata, “Surat yang pertama kali turun iala Iqra bismi rabbikalladzi kholaq (al alaq). Selain itu As-Suyuthi mengagtakan dalam kitab fenomenalnya Al itqon Fii ulumil Qur’an inilah pendapat yang benar dan shahih.

Terlepas dari perbedaan pendapat ulama diatas, maka hal itu bukan lantas mencari mana yang salah dan mana yang benar, karena hakekatnya pendapat ulama itu melalui ijtihad dan argumentasi masing-masing, yang tentu diperkuat oleh dalil yang disampaikan.

Perbedaan-perbedaan pendapat para ulama itu merupakan rahmat bagi kita semua, karena dengan perbedaan tersebut menjadi khazanah keilmuan untuk terus ditelaah kembali, bahwasanya proses turunnya Al Qur’an tidak hanya di surat al alaq saja, namun masih ada surat-surat yang lain di dalam al qur’an yang masih bisa kita kaji dan kita dalami.

Barangkali itu hanya awal mula saja tentang ayat pertama kali yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, sehingga selanjutnya bisa kita kaji tentang isi dalam surat, dan tentu bisa kita jabarkan satu persatu mengenai isi ayat dan tujuan dari ayat tersebut untuk disebarkan kepada ummat manusia.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments