Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

Masyarakat, Sekolah, dan Pemerintah (Kajian Sosiologis Dalam Dunia Pendidikan)




Berdirinya suatu lembaga pendidikan memang tidak lepas dari dorongan dan dukungan dari masyarakat, Sekolah merupakan satu lembaga untuk melakukan kegiatan atau proses belajar mengajar serta untuk menggali potensi peserta didik, sementara masyarakat adalah sekelompok manusia yang memiliki lapisan social yang berbeda-beda satu sama lain, baik pada aspek ekonomi, pendidikan, agama, ras atau suku.

Dalam lapisan masyarakatkita tahu ada banyak perbedaan kelas, yang kemudian di klasisfikasikan dengan masyarakat kelas bawah, menengah dan kelas atas. Masyarakat kelas bawah, acapkali di kategorikan dengan masyarakat petani, buruh, dan masyarakat secara ekonomi di kelompokkan sebagai masyarakat kurang mampu. Pada kelas menengah (Midle Class) masuk dalam ketegori yang secara ekonomi sudah berkecukupan dari kebutuhan primer, bahkan bisa dikatakan lebih. Sementara masyarakat pada lapisan kelas atas ini juga dilihat dari aspek kekayaan atau harta benda yang dimiliki, ini masuk dalam kategori masyarakat yang secara ekonomi lebih dari cukup.

Keberagaman di dalam lapisan masyarakat ini menunjukkan perbedaan yang cukup jauh antar kelas, sehingga lapisan masyarakat ini memiliki lapisan kelompok yang  berbeda satu sama lain. Apa hubungan masyarakat dengan sekolah? Perlu kita analisa secara tajam, bahwa tanpa adanya masyarakat, tidak mungkin ada sekolah, begitu pula sebaliknya, tanpa sekolah masyarakat akan terkungkung dalam pola kehidupan dalam gelap tanpa pengetahuan, karena sekolah hakekatnya adalah tempat untuk berproses, menggali skill atau keterampilan, serta mempersiapkan generasi untuk masa depan Bangsa dan Negara.Masyarakat memiliki kewajiban untuk mendorong tujuan dari sekolah, supaya apa yang menjadi visi dan misi sekolah bisa tercapai.

Peserta didik dalam lingkungan sekolah tidak ada perbedaan kelas seperti dalam lapisan masyarakat. Di dalam lingkungan sekolah peserta didik memiliki hak dan kewajiban yang sama, sehingga tidak ada perbedaan didalamnya. Mereka semua harus dilakukan secara sama. Sama rata, dan sam rasa meski dari latarbelakang keluarga yang berbeda status sosialnya.

Masyarakat, Sekolah danPemerintah merupakan lembaga yang berbeda, namun ketiganya tidak bisa dipisahkan satu sama lain, perbedaan tiga hal itu bukan lantas menjadi satu kekurangan dalam sebuah proses pembelajaran, ketiganya sama-sama saling membutuhkan dan harus saling mendukung satu sama lain untuk tercapainya tujuan belajar mengajar. Oleh karena itu sekolah sebagai sebuah lembaga dengan kompleksitas persoalannya, menjadi sebuah bahan evaluasi, baik bagi masyarakat secara umum, pihak pengelola pendidikan, serta bagi pemerintah itu sendiri.

Masyarakat harus mendukung sekolah untuk mencapai tujuan proses belajar-mengajar. Kepala sekolah atau pengelola sekolah harus melaksanakan apa yang menjadi visi dan misi dari sekolah itu sendiri, serta berupaya menjamin mutu dari sekolah itu sendiri, sedangkan pemerintah, harus mendorong dan menjamin akan kenyamanan bagi proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan besar secara nasional.(f*)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments