Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

PERAN KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN

Sebagai makhluk social, kita akan selalu dihadapkan pada berbagai persoalan yang menyangkut hidup dan kehidupan kita, tentu salah satu yang sangat penting adalah bagaimana menyampaikan keinginan dalam bentuk pesan yang bias dilukiskan dalam bentuk kata-kata dalam ucapan, atau kata-kata dalam bentuk tulisan, sehingga hal itu disebut dengan komunikasi.

Komunikasi ini memiliki beragam macam bentuknya baik yang bersifat verbal maupun non verbal, baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Seringkali kita dihadapkan pada kerumitan akan persoalan hidup itu, karena terjadi penyumbatan komunikasi yang bias saja menyebabkan salah faham, dan prasangka yang menjurus pada tuduhan yang tidak mendasar, sehingga karena factor komunikasi yang kurang lancer menyebabkan hubungan social menjadi retak dan berantakan.

Pentingnya peran komunikasi dalam kehidupan ini, sehingga hal tersebut menjadi satu disiplin keilmuan yang banyak dibahas, mulai dari paling bawah sendiri atau mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa, sampai pada orang yang sudah lanjut usia.

Bentuk komunikasi ini memiliki beberapa varian yang bisa kita simak, bagaimana proses komunikasi itu memiliki hubungan interaksional antara manusia yang satu dengan manusia lainnya, baik komunikasi yang dilakukan secara personal, maupun komunikasi yang dilakukan antara personal dengan kelompok, maupun komunikasi antar kelompok.

Secara garis besar komunikasi ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan secara tatap muka, sehingga pesan bisa tersampaikan, dan mudah dipahami, dan mudah untuk ditanggapi, ini merupakan komunikasi verbal yang cukup efektif, walaupun adan banyak kekurangan didalamnya. Kemudian ada komunikasi yang tidak langsung, komunikasi tidak langsung ini membutuhkan alat bantu untuk bisa melakukan komunikasi, baik dengan kolega, kawan, antara guru dan murid, yang pada masa pandemic ini, komunikasi tidak langsung acapkali kita temui dengan bantuan smartphone, dan memakai aplikasi zoom virtual sebagai alat bantu, untuk menyampaikan pesan.

Zoom Virtual Account merupakan aplikasi paling popular saat ini, dimana aktivitas yang banyak dilakukan dirumah saja, selama pandemic, menjadikan komunikasi secara virtual paling banyak dilakukan sebagai alat untuk melakukan sosialisasi, kordinasi, bahkan dengan bantuan alat tersebut, dalam konstek saat ini, bisa melakukan komunikasi yang tidak langsung sampai puluhan orang.

Seberapa efektifkah komunikasi secara virtual itu, terhadap suatu pekerjaan? Hal ini menjadi sebuah tanda Tanya besar, apalagi kaitannya dengan sebuah pekerjaan, yang kami rasa efektifitasnya sangat rendah untuk menyelesaikan suatu problem.

Bahkan yang cukup dilematis komunikasi secara virtual yang dilakukan dalam dunia pendidikan, hal tersebut menjadi cukup rancu, dimana anak didik yang “dipaksa” untuk memakai android dan harus di isi dengan kuota internet, untuk melakukan komunikasi yang tidak langsung, sehingga tingkat pemahaman anak didik akan suatu materi yang disampaikan oleh seorang guru juga pada akhirnya menjadi bias dan kurang efektif.

Disamping ada pula dengan adanya komunikasi secara virtual dalam dunia pendidikan, kami rasa, hal itu menjadi cukup aneh, karena anak didik kebutuhannya adalah mendapatkan materi secara langsung, dan membutuhkan teman sebagai makhluk social. (f*)
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments