Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

PEMERINTAH DAERAH BISA PUTUSKAN KAPAN SEKOLAH MASUK, DENGAN SYARAT DAERAH YANG MASUK KEDALAM ZONA HIJAU


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan sinyal untuk tetap masuk pada ajaran baru tahun 2020/2021, mengingat anak didik sudah terlalu lama belajar dirumah yang diperkirakan sudah sangat membosankan dirumah saja, disamping itu pula ada kekhawatiran orang tua, jika anak terus dirumah saja, justru bukannya belajar, tetapi lebih banyak pada permainan belaka, sehingga orang tua pun dengan kebijakan new normal ini disambut dengan baik, mesekipun ada kekhawatiran di tengah pandemic Covid 19.

PLt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah, Muhammad Hamid, menyatakan keputusan membuka sekolah ditengah pandemic covid 19, sebenarnya ada ditangan pemerintah daerah, dimana pemda sudah harus bisa mematakan dimana saja daerah-daerah yang masuk zona hijau, sehingga pembukaan sekolah tersebut bisa dilaksanakan tanpa ada rasa was-was dari orang tua.

Kemendikbud melalui Plt Jenderal PAUD, Pendidikan dasar dan menengah itu hanya memberikan syarat bagi masing-masing daerah untuk membuka sekolah, sehingga apabila syarat yang diberikan oleh kemendikbud itu sudah dinyatakan masuk dalam kategori zona hijau, maka pemda boleh untuk membuka sekolah tersebut.

Menurut Muhammad Hamid secara detail pembukaan sekolah akan diungkapkan oleh kemendiknbud Nadiem Makarim pada pekan depan, Ia menekankan keputusan yang diungkap pekan depan berdasarkan diskusi dengan lintas kementerian dan para pakar dibidangnya.

Hamid menyatakan pihaknya sudah menganggarkan Rp.53 Triliun dana dan bantuan Operasional sekolah (BOS), Jika ada kekuarangan lanjutnya, maka sekolah bisa meminta tambahan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah daerah.

Dengan kebijakan new Normal yang akan segera diberlakukan dan keputusan sekolah akan dibuka kembali ini, mendapat banyak pendapat, baik dari guru, wali siswa, pengamat pendidikan, dan  tentunya para pakar dibidangnya pun ikut memberikan pernyataan.

Pembukaan sekolah dengan beberapa syarat dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tidak menutup kemungkinan, akan terjadi claster baru penyebaran Covid 19, sehingga sangat wajar, apabila guru, orang tua siswa cukup khawatir, akan terjadi claster baru penyebaran covid 19.

Namun disisi yang lain ketetapan pemerintah dengan membuka sekolah tersebut dengan model baru dan mengikuti persyaratan dari pemerintah pusat, dan harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah, hanya berlaku pada daerah-daerah yang masuk dalam kategori zona hiaju.(f*)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments