Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

Jamaah Haji Tahun 2020 Pemberangkatannya Harus Di Tunda

Jamaah haji Indonesia yang sudah di jadwalkam untuk berangkat pada bulan Juni, harus menuai kekecewaan, lantaran situasi dunia berkaitan dengan Covid 19 ini masih belum ada kepastian hilang.
Kementerian agama RI melalui press relesnya, menteri Agama RI Fachrul Rozy menyampaikan  dua opsi mengenai jadwal pemberangkatan Jamaah haji tahun 2020 M, atau bertepatan dengan 1441 H. Opsi yang pertama akan memberangkatkan jamaah haji dengan beberapa skenario yang telah di tetapkan.

Mengingat pemberangkatan haji yang sudah terjadwal tanggal 26 Juni 2020, maka opsi yang akan di lakukan pemerintah yaitu :

1. Pembatasan Jamaah haji 50%, bahkan kurang dari 50 %.

2.Mempertimbangkan kecukupan waktu dan ruang bagi jamaah haji yang akan berangkat, karena harus ada pembatasan fisik (fisical Distancing), baik di Asrama Haji, pesawat, maupun di pemondokan. Terlebih lagi pembatasan ini harus juga di lakukan di areal ritual haji, seperti di Mina, Al Husna, Arofah, dan musdalifah.

3. Jika jamaah haji tahun 2020 ini lantas di berangkatkan, maka skenario waktunya akan lebih lama, karena harus melalui proses karantina selama 14 hari di masing- masing tempat, mulai dari Jakarta, Pemondokan, bahkan setelah sampai datang kembali ke Indonesia.

4. Setiap calon jamaah haji harus memiliki sertifikat bebas dari covid 19 dari pihak yang berwenang, yakni dari Gugus penanganan covid 19.

5. Kementerian agama terus melakukan komunikasi dan kordinasi dengan kementerian luar negeri, perihal pemberangkatan jamaah haji tahun 2020.

Itulah opsi pertama yang di sampaikan oleh kementerian Agama bapak Fachrul Rozy. Oleh karenanya melalui berbagai macam pertimbangan kementerian Agama, MUI, mengeluarkan opsi yang kedua, yakni menunda atau membatalkan keberangkatan jamaah haji tahun 2020. Pembatalan pemberangkatan Jamaah haji tahun 2020 ini karena pemerintah Arab Saudi masih menutup akses dari negara manapun, termasuk dari Indonesia.


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments