Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

BUAT APLIKASI RPP UNTUK GURU SEPERTI GOJEK DAN TRAVELOKA, KEMENDIKBUD INGIN MEMPERMUDAH KINERJA GURU


Memasuki era digitalisasi dimana industry 4.0 menjadi sebuah masa depan yang diharapkan bisa mempermudah kinerja manusia, dengan kelengkapan dan kecanggihan alat yang merupakan hasil dan bentuk dari pikiran manusia. Hal itu tidak hanya berlaku didalam perusahaan-perusahaan yang sudah memanfaatkan Aplikasi, seperti Gojek yang mempermudah seseorang untuk mencari ojek secara online, kapanpun dan dimananpun pelanggan itu berada bisa diketahui dengan mudah, disamping sudah ada berbagai macam Aplikasi seperti Traveloka yang memudahkan kebutuhan manusia untuk melakukan perjalanan jauh.

Platform kebijakan dari kemendikbud ini, yang berencana untuk membuat aplikasi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang merupakan bentuk keinginan dari mendikbud untuk menyederhanakan RPP, dan memberikan kemudahan bagi guru dalam hal administrative, sehingga guru diharapkan lebih banyak fokusnya untuk mendidik para peserta didik.
“focus kita supaya urusan administrative bagi guru berkurang, sehingga apa yang ingin kita kembangkan dalam dunia pendidikan untuk RPP supaya memiliki aplikasi tersendiri, seperti Gojek, Traveloka, dan apllikasi lainnya”, kata dirjen Guru dan ketenaga pendidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril, dalam konferensi video, senin 8 juni 2020.
Aplikasi ini akan mempermudah bagi guru untuk merekam pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik, mengingat hal itu akan memudahkan guru untuk membuat RPP dengan konsep penyederhanaan RPP, termasuk dari laporan yang akan dibuat oleh guru, sehingga guru bisa membuat RPP dengan waktu yang singkat.
“kita bisa bayangkan membuat RPP dan laporan hanya dengan menekan satu tombol yakni Aplikasi RPP yang bisa memuat RPP sekaligus laporan bulanan dan bisa di send  kemanapun dengan format yang sudah diadopsi oleh mesin itu, kemungkinan RPP ini tidak lagi menjadi administrasi yang ribet dengan pengerjaannya sampai berbulan-bulan dan hanya bisa dilakukan beberapa menit saja, sehingga tidak mengganggu aktifitas, dan efisiensi guru dalam hal proses belajar mengajar”, Tambah Iwan Syahril.
Rencana pembuatan Aplikasi RPP ini masih dalam sebuah pembahasan dan rancangan kerja kemendikbud, pihak dari Iwan Syahril masih belum membeberkan secara pasti kapan Platform Aplikasi itu dibuat dan akan diluncurkan kemedia social, sehingga para guru bisa segera melakukan adaptasi dengan cepat mengenai penggunaan aplikasi tersebut, dan bisa menggunakannya dimanapun berada.
Menurut Iwan membangun dan membuat aplikasi itu tidak sesederhana yang kita pikirkan, karena itu berkaitan dengan tekhnologi, tentu butuh waktu, dan memerlukan para ahli dibidangnya, dengan konsep perpaduan tekhnologi dan konsep kependidikan yang nantinya bisa mudah dioperasikan oleh para guru, dan tentunya akan meringankan kinerja guru dalam hal urusan administrative.
Menurut Nadiem Anwar Makarim, aplikasi ini dengan konsep penyederhanaan RPP yagn mudah dilakukan oleh para guru, yang semestinya guru harus menulis RPP sampai belasan lembar, maka dengan konsep penyederhanaan itu, guru bisa membuat RPP dengan aplikasi, menjadi satu sampai tiga lembar saja. (f*)
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments