Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

BESARAN ZAKAT FITRAH, NIAT DAN SYARATNYA SEBELUM DI TETAPKANNYA HARI RAYA IDUL FITRI


Niat & Doa Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan suatu kewajiban bagi ummat muslim untuk membayarnya, karena zakat fitrah merupakan bentuk perilaku ummat muslim untuk berbagi sekaligus dalam rangka mensucikan harta yang sudah didapatkan.

Zakat fitrah ini di berikan waktu mendekati hari raya yang dilaksanakan setiap tahun sekali, untuk niat dan besarannya di dalam Islam sudah diatur sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur berdasarkan SK ketua BAZNAS N0.27 tahun 2020 tentang nilai zakat fitrah dan fidyah, masing-masing wilayah di Indonesia memiliki nilai yang berbeda mengenai zakat ini.

Secara Umum zakat fitrah ini hanya 2,5 kg atau 3,5 liter  perjiwa, namun ada pendapat yang lain, bahwa zakat fitrah ini juga boleh dengan uang. Besaran uang ini sesuai dengan harga bahan pokok seperti beras, maka jika disetarakan dengan harga beras, zakat fitrah boleh dengan uang dengan besaran Rp. 30.000 perjiwa.

Sebelum mengeluarkan zakat di bulan Ramadhan ada beberapa syarat yang harus di pernuhi dilansir dari zakat.or.id

Berikut beberapa syarat yang harus di penuhi bagi yang akan membayar zakat:

1.  Beragama Islam dan merdeka

2.  Memiliki harta yang lebih dari yang didapatkan untuk kebutuhan sehari- hari baik bagi dirinya maupun orang yang menjadi tanggungannya (Keluarga).

3.  Menemui dua waktu di antara bulan Ramadhan dan bulan Syawal.

Dengan demikian zakat fitrah yang merupakan kewajiban bagi ummat muslim, seudah seharusnya di bayar sebelum jatuh atau di tetapkannya hari raya idul fitri.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments