Subscribe Us

FORMULIR PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU TKQ & TPQ RAUDLOTUL MUHLISIN

Minum Air Hangat Saat Sahur dan Berbuka, Cegah Batuk dan Serak

Ibadah puasa yang dilaksanakan sedari Subuh hingga Maghrib secara otomatis membuat badan agak hangat. Terik panas yang begitu menyengat membuat tenggorokan terasa kering dan haus. 
Maka tak jarang ketika saat berbuka puasa tiba, banyak diantara kita yang ingin segera mengusir haus dan kering tenggorokan dengan berbagai jenis minuman dingin yang melegakan.
Padahal, sesungguhnya ketika tenggorokan dalam keadaan kering, lantas kita meminum air dingin, bahkan dengan kadar berlebihan, justru akan mengakibatkan panas dalam, bahkan terkadang jika imun tubuh kita dalam kondisi kurang bagus, malah timbul flu dan batuk. 
Jelas hal ini sedikit mengganggu aktifitas ibadah puasa kita. Apalagi saat sholat taraweh atau tadarrus qur'an. Betul-betul sesuatu yang kurang nyaman. 
Ditambah kondisi ditengah pandemi Corona seperti sekarang ini, alih-alih orang-orang disekitar kita bisa parno terhadap batuk-flu kita. Semua hanya karena berawal dari seringnya minum dingin saat berbuka dan sahur.
Maka, untuk mencegah timbulnya flu, batuk atau suara serak di tengah ibadah puasa, alangkah baiknya saat berbuka atau bersantap sahur, kita minum minuman yang hangat. 
Ada berbagai minuman hangat yang baik sebagai minuman pembuka saat kita berbuka puasa atau saat santap sahur. Umumnya masyarakat kita terbiasa dengan minuman teh, atu air hangat putih. Bagi sebagian orang lebih memilih kopi, tapi bagi anda yang memiliki masalah lambung, sebaiknya mengurangi minum kopi.  
Air hangat yang kita minum saat berbuka selain akan menghilangkan haus juga tidak mengakibatkan efek tertentu seperti pada air dingin. Penulis mengalami sendiri. 
Dan menjadi suatu pengalaman yang berarti, apalagi bagi penulis yang juga notabene sering menjadi imam taraweh dan penceramah kultum Ramadan. 
Pengalaman penulis, jika berbuka dengan air yang dingin seperti es sirup apalagi minum dalam jumlah banyak dapat berakibat suara serak bahkan tenggorakan terasa gatal. 
Lantas, apakah kita tak boleh minum yang dingin-dingin saat berbuka atau santap sahur?. Boleh saja, namun alangkah baiknya dengan air hangat atau air biasa terlebih dahulu. Jangan langsung meminum air dingin. 
Baca Juga